PPKP Seputar DBHCHT

79

Kudus (27/10/2022) – Bea Cukai Kudus mengadakan P2KP secara online untuk meningkatkan kompetensi pegawai mengenai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di bidang Penegakan Hukum yang bertujuan menambah wawasan dan ilmu para pegawai terkait bagaimana sih pembagian dana DBHCHT itu sendiri. Acara dibuka dan disampaikan oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Sandy Hendratmo Sopan,

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau. Peraturan ini membagi DBHCHT kedalam 3 bagian, untuk kesejahteraan masyarakat mendapatkan 50%, untuk bidang kesehatan mendapatkan 40%, untuk bidang penegakan hokum mendapatkan 10%.

Untuk bidang penegakan hukum sendiri ada 10% yang digunakan untuk membuat Kawasan Industri Hasil Tembakau di Kab. Kudus, untuk kegiatan lainnya seperti sosialisasi bersama masyarakat, sosialsisasi melalui radio atau televisi local, talkshow dan podcast, dan yang terakhir merupakan operasi pemberantasan BKC illegal.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai Bea Cukai Kudus ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan akan aturan terkait DBHCHT untuk penegakan hukum.