Kolaborasi Bea Cukai Kudus Bersama Bea Cukai Semarang dan Kanwil DJBC Jateng DIY Berhasil Gagalkan Pengiriman Jutaan Batang Rokok Ilegal Melalui Truk

301

Kudus (03/11) – Dalam melaksanakan operasi Gempur Rokok Ilegal, untuk kesekian kalinya, pada hari Rabu, (03/11) kolaborasi Bea Cukai Kudus bersama Bea Cukai Semarang dan Kanwil DJBC Jateng DIY berhasil melakukan penindakan terhadap jutaan batang rokok ilegal yang diangkut menggunakan Truk. Sebanyak 3.600.000 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM) berhasil diamankan oleh tim di Jalan Tol Jatingaleh-Krapyak, Desa Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, dan Jalan Tol Semarang-Batang, Desa Sumberagung, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal.

Sebelumnya pada pukul 01.00 tim memperoleh informasi, adanya 2 (dua) kendaraan berupa Truk yang diduga digunakan untuk mengirim rokok ilegal dari wilayah Jepara. Tim segera melakukan pencarian di sepanjang Jalan Raya Jepara-Demak hingga Jalan Tol Semarang-Batang. Sektiar pukul 03.00, tim berhasil menemukan salah satu Truk dengan ciri sesuai yang diinformasikan sedang melaju di Jalan Tol Jatingaleh-Krapyak, yang kemudian berhasil diberhentikan dan diperiksa di wilayah Desa Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 115 (seratus lima belas) karton rokok jenis SKM dengan merek OK BOLD dan PREMIUM BOLD tanpa dilekati pita cukai. Selanjutnya, sekitar pukul 03.30, tim kembali berhasil menemukan satu Truk lainnya dengan ciri sesuai yang diinformasikan sedang melaju di Jalan Tol Semarang-Batang, yang kemudian berhasil diberhentikan dan diperiksa di wilayah Desa Sumberagung, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 110 (serratus sepuluh) karton rokok jenis SKM dengan merek OK BOLD dan PREMIUM BOLD tanpa dilekati pita cukai. Total perkiraan nilai barang rokok ilegal sebesar Rp4.104.000.000,00 dengan potensi penerimaan negara sebesar Rp2.782.296.000,00.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Sandy Hendratmo Sopan, menyatakan bahwa penindakan kali ini merupakan hasil kolaborasi antara Bea Cukai Kudus, Bea Cukai Semarang dan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Informasi intelijen yg diterima, langsung segera ditindaklanjuti oleh tim gabungan ini.
“Bea Cukai berkomitmen utk terus menindak peredaran rokok ilegal. Gempur rokok ilegal”, Tegas Sandy.

Seluruh rokok ilegal, sopir, dan kendaraan dibawa ke Kantor Bea dan Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.