Bea Cukai Kudus Berkolaborasi Dukung UMKM Ekspor

117

Kudus (20/10) – Bea Cukai Kudus kembali melakukan kegiatan mendukung UMKM untuk ekspor, dengan berkolaborasi bersama Atase Keuangan pada KBRI Jepang, KADIN Jepara, ICSB Jepara, dan Freight Forwarder di Jepara, melakukan kegiatan business matching antara pengrajin mebel di jepara dengan buyer dari jepang.

Jepara merupakan kota yang terkenal dengan kerajinan ukir dan mebelnya, beberapa diantaranya, masih terdapat UMKM pengrajin mebel yang masih bertransaksi secara manual (belum memanfaatkan teknologi) termasuk dalam pemasarannya, meskipun produk yang dihasilkan ternyata menarik bagi para buyer dari luar negeri.

Kondisi tersebut mendorong Bea Cukai Kudus bekerjasama dengan Atase Keuangan pada KBRI Jepang mencoba satu terobosan baru dengan mempertemukan antara buyer dari perusahaan Jepang (KYOTANE Corporation) dengan UMKM pengrajin mebel di Jepara (Indah Jati Furniture dan Antex Jaya Exim) dan berkolaborasi dengan KADIN Jepara, ICSB Jepara, dan Freight Forwarder di Jepara. Kegiatan ini semata-mata untuk mendukung ekspor dari UMKM.

Kegiatan business matching ini diharapkan dapat menjadi momen memperkuat sinergi dan kolaborasi yang berkelanjutan untuk mendukung potensi ekspor para pelaku UMKM Indonesia ke mancanegara demi bangkitnya perekonomian, serta kemajuan dan kesejahteraan UMKM di Indonesia.