Digunakan Mengemas dan Menimbun Rokok Ilegal, Sebuah Bangunan Diperiksa Bea Cukai Kudus

327

Kudus (26/9) – Dalam melaksanakan operasi #gempurrokokilegal , Senin (26/9), Bea Cukai Kudus berhasil melakukan penindakan terhadap sebuah bangunan yang digunakan untuk mengemas dan menimbun rokok ilegal. Sebanyak 191.400 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM) berhasil diamankan oleh tim, di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara.

Sebelumnya pada pukul 13.30, Bea Cukai Kudus memperoleh informasi adanya bangunan yang digunakan untuk mengemas dan menimbun rokok ilegal. Setelah dilakukan pencarian dan pengamatan, sekitar pukul 14.30, tim berhasil menemukan lokasi bangunan yang diinformasikan dan kemudian melakukan pemeriksaan dan penindakan. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 9 (sembilan) karton rokok jenis SKM dengan merk MONI MILD tanpa dilekati pita cukai, 4 (empat) bale rokok jenis SKM dengan merk L.4. International BOLD tanpa dilekati pita cukai, 7 (tujuh) bale dan 17 (tujuh belas) slop rokok jenis SKM dengan merk TABACO BOLD yang dilekati pita cukai diduga palsu, serta barang-barang penolong yang berkaitan dengan kegiatan mengemas dan menimbun rokok illegal tersebut. Perkiraan nilai barang rokok ilegal sebesar Rp218.196.000,00 dengan potensi penerimaan negara sebesar Rp147.925.404,00.

Seluruh rokok ilegal beserta barang-barang penolong, dibawa ke Kantor Bea dan Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.