Bea Cukai Kudus Serahkan Harta Tersangka Rokok Ilegal

78

Pada Rabu (21/9) telah diserahkan harta kekayaan milik Tersangka (status DPO) dalam bentuk uang tunai sejumlah Rp. 97.600.000,00 dari Bea Cukai Kudus kepada Jaksa Penuntut Umum, Kejaksaan Negeri Jepara selaku eksekutor. Dasar pelaksanaan adalah Putusan Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jepara Nomor 01/Pid.Sus.P/2022/Pn.Jpa tanggal 26-08-2022. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, M. Arif Setijo Nugroho kepada Kepala Kejaksaan Negeri Jepara, M. Ichwan.

Dalam upaya menuntaskan permasalahan penjualan rokok ilegal dengan modus online / e – commerce , pada tanggal 16-04-2022 Bea Cukai Kudus telah melakukan penyidikan Tindak Pidana Cukai atas penindakan rokok ilegal yang dijual via marketplace. Pada kasus ini, Bea Cukai Kudus telah melakukan penindakan terhadap sebuah mobil barang yang mengangkut 410 paket kiriman, berisi 62.200 batang rokok illegal (dengan kemasan tanpa dilekati pita cukai) di Jalan Raya Ngawen, Wedung Demak.

Berdasarkan bukti-bukti elektronik dan aliran keuangan telah ditemukan rekening penampungan hasil penjualan rokok ilegal yang selanjutnya dilakukan henti transaksi oleh PPATK, upaya penangkapan dan menemukan tersangka belum dapat dilakukan , namun dengan mengacu PERMA 01 / 2013 tentang Penyelesaian Penanganan Harta Kekayaan dalam Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) / Tindak Pidana lain, Penyidik melakukan terobosan hukum dengan mengajukan permohonan dan penyerahan Berkas Perkara ke Pengadilan Negeri Jepara, setelah melalui proses pemeriksaan berkas, pengumuman ke publik serta sidang pemeriksaan singkat maka Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jepara memutuskan Harta Kekayaan milik Tersangka tersebut menjadi asset negara