Bea Cukai Kudus dan Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Amankan Rokok Ilegal yang Dikirim Menggunakan Minibus

271

Kudus (11/9) – Pada Minggu, (11/9) Bea Cukai Kudus dan Tim Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY berhasil melakukan penindakan terhadap sebuah mobil minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal. Sebanyak 334.200 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM) berhasil diamankan oleh tim gabungan di Jalan Lingkar Timur, Ds. Megawon, Jati, Kudus.

Sebelumnya pada pukul 02.00 tim memperoleh informasi, adanya mobil minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal. Berdasarkan informasi tersebut, tim melakukan pencarian di Jalan Raya Pati – Kudus. Sektiar pukul 03.15, tim menemukan mobil minibus sesuai dengan yang diinformasikan sedang melaju di Jalan Raya Pati – Kudus. Tim berusaha menghentikan mobil dan melakukan pengejaran. Pada pukul 03.30, tim berhasil menghentikan minibus dan melakukan pemeriksaan di Jalan Lingkar Timur, Ds. Megawon, Jati, Kudus. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 134 bale dan 331 slop rokok dengan merk DUBAI, GUCI Black, dan GiCo Black tanpa dilekati pita cukai. Perkiraan nilai barang rokok ilegal sebesar Rp338.988.000,00 dengan potensi penerimaan negara sebesar Rp258.289.812,00.

Seluruh rokok ilegal, mobil minibus, sopir, kernet dibawa ke Kantor Bea dan Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.