Angkut Rokok Ilegal, Sebuah Mobil Minibus Diamankan Bea Cukai Kudus

560

Kudus (03/10) – Dalam melaksanakan operasi Gempur Rokok Ilegal, pada Senin, (03/10) Bea Cukai Kudus berhasil melakukan penindakan terhadap sebuah mobil minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal. Sebanyak 52.000 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM) berhasil diamankan oleh tim di SPBU Demak Kota, Bintoro, Demak.

Sebelumnya pada pukul 17.30 tim memperoleh informasi, adanya mobil minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal. Tim segera melakukan pencarian di Jalan Raya Jepara – Demak. Sektiar pukul 18.00, mobil terlihat sedang melaju di Jalan Raya Jepara – Demak. Tim berusaha mengejar mobil minibus tersebut agar dapat menghentikan dan melakukan pemeriksaan. Sekitar pukul 18.30, mobil berhasil dihentikan di SPBU Demak Kota, Jl. Sultan Fatah, Bogorame, Bintoro, Demak, yang kemudian dilakukan pemeriksaan dan penindakan. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 7 (tujuh) karton rokok jenis SKM dengan merk Lois L Bold, Lois L MILD, dan NEW BOSHE MILD tanpa dilekati pita cukai, serta 1 (satu) karton rokok jenis SKM dengan merk BLITZ dilekati pita cukai palsu. Perkiraan nilai barang rokok ilegal sebesar Rp59.280.000,00 dengan potensi penerimaan negara sebesar Rp40.188.720,00.

Seluruh rokok ilegal, mobil minibus, sopir, dan kernet dibawa ke Kantor Bea dan Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.