Patroli Darat, Bea Cukai Kudus Amankan 64 Ribu Rokok Ilegal Dari Bus AKAP

377

KUDUS (02/08/2022) – Dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal, Bea Cukai Kudus melaksanakan kegiatan patroli darat di wilayah Kabupaten Kudus. Sekitar pukul 18.30, sebuah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Jati, Tanggulangin, Jati Wetan, Kudus, dengan nomor polisi K-1442-BL yang dicurigai mengangkut Barang Kena Cukai (BKC) jenis rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) diduga ilegal diperiksa.

Dari pemeriksaan, didapati 4 karton berisi 64.000 batang rokok jenis SKM siap edar yang tidak dilekati pita cukai. Merk-nya antara lain FLASH BOLD, LOIS L BOLD, DALILL BOLD FINE CUT FILTER, dan SUBUR JAYA HJS. Pasal 54 Undang-undang Cukai menyebutkan ancaman pidana bagi siapa saja yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual rokok polos atau yang tidak dilekati pita cukai dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun dan/atau denda paling sedikit 2 kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Seorang penumpang berinisial R (52 tahun) yang berasal dari Jepara beserta barang buktinya dibawa ke Bea Cukai Kudus untuk diperiksa lebih lanjut. Total perkiraan nilai barang bukti sebesar Rp 72.960.000 dan total potensi kerugian negara mencapai Rp 48.879.360. Sementara itu terhadap bus AKAP dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan.

Kepada seluruh masyarakat diimbau untuk bergandeng tangan dalam upaya pemberantasan rokok ilegal dengan tidak membeli, tidak menjual, dan melaporkan informasi peredaran rokok ilegal ke Bea Cukai Kudus.