Sosialisasi Ketentuan Cukai Desa Ngilen, Blora

303
Blora – Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (#DBHCHT) salah satunya digunakan untuk sosialisasi ketentuan di bidang cukai. Dinas Komunikasi dan Informasi Blora bersinergi dengan Bea Cukai Kudus untuk melaksanakan sosialisasi di Desa Ngilen, Kecamatan Kunduran, Blora. Sosialisasi ini diikuti oleh perangkat desa, tokoh masyarakat dan beberapa perwakilan pemuda di wilayah tersebut.

Hadir sebagai narasumber, Taswito, Pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama Bea Cukai Kudus, memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Ngilen dengan menjelaskan filosofi pengenaan cukai pada hasil tembakau. Taswito menjelaskan materi yang meliputi konsep dasar cukai, perizinan, dan pengawasan rokok ilegal. “Cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan untuk barang yang memiliki karakteristik tertentu,” jelas Taswito.

Taswito menjelaskan dengan adanya pengenaan cukai dan pemberantasan rokok ilegal mampu menambah penerimaan negara sehingga industri maju dan ekonomi menjadi naik sehingga harapannya mampu menjadikan Indonesia yang maju adil dan sejahtera.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Desa Ngilen dapat memahami ketentuan di bidang cukai serta dapat ikut berpartisipasi memerangi peredaran rokok ilegal.