Sosialisasi Perundang-Undangan di Bidang Cukai kepada Masyarakat Mejobo

379

KUDUS-29/06 — Sekitar 100 orang perwakilan masyarakat Kecamatan Mejobo yang terdiri dari para masyarakat menghadiri kegiatan Sosialisasi Ketentuan Dibidang Cukai di Balai Desa Gulang dan Balai Desa Kirig, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus pada Rabu, 29 Juni 2022. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Bupati Kudus.

Didit Ghofar dari Bea Cukai Kudus berkesempatan menyampaikan edukasi tentang mengenai cukai dimulai dari konsep, mekanisme penggunaan dan serta ciri-ciri serta dampak buruk dari rokok illegal juga perizinan jika ingin berusaha rokok. Didit menyampaikan bahwa rokok dikenakan pungutan cukai didasari oleh peredarannya yang harus dikendalikan, memiliki dampak negatif kepada masyarakat dan lingkungan serta perlunya pembebanan demi keadilan dan keseimbangan kepada masyarakat. Sehingga dihimbau apabila memang ingin mengonsumsi rokok, diharapkan untuk mengonsumsi rokok legal (berpita cukai asli). Karena pada akhirnya, pungutan cukai dari para perokok akan kembali lagi ke masyarakat dalam bentuk Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dan kas negara.

Dengan berkolaborasi bersama Dinas Dinas terkait, kegiatan ini diharapkan dapat menarik minat para masyarakat untuk menolak dan tidak terlibat pada peredaran rokok ilegal.