Diangkut oleh Minibus, Ratusan Batang Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai Kudus

130

Bea Cukai Kudus berhasil mengamankan minibus yang mengangkut rokok ilegal tanpa Pita Cukai pada Minggu (26/6).
Pengamanan dilakukan sekitar pukul 22.30 setelah dilakukan pencarian dan penyisiran.

Sebelumnya Bea Cukai Kudus memperoleh informasi tentang adanya sebuah Minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal dari Jepara.
Atas informasi tersebut, Tim Bea Cukai Kudus melakukan penyisiran di Desa Purwogondo, Kalinyamatan, Jepara.

Sekitar pukul 22.30 tim berhasil menemukan minibus sesuai informasi sedang terparkir di jalan perkampungan di Desa Purwogondo. Tim segera melakukan penindakan dan pemeriksaan terhadap sarana pengangkut tersebut. Dari hasil pemeriksaan ditemukan 98 bale rokok ilegal dalam minibus.

Atas temuan ini seluruh barang hasil penindakan dan minibus dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk diproses lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku. Total ditemukan 196.000 batang ( 9800 bungkus) rokok illegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM), Merek “Lois L BOLD (hitam)” tanpa dilekati pita cukai. Estimasi nilai barang sebesar Rp 223.440.000,- dan potensi penerimaan negara sebesar Rp 149.693.040,-.

Cukai dikenakan atas barang yang konsumsinya dibatasi, seperti rokok. Pita cukai merupakan bukti telah dilunasinya pungutan cukai dan harus sudah dilekatkan pada saat rokok dikeluarkan dari pabrik. Sehingga pada saat pemasaran, pengangkutan rokok harus sudah dilekati pita cukai asli. Yuk menjadi legal dengan memenuhi ketentuan.