Bea Cukai Kudus Mengamankan 300 Ribu Rokok Ilegal Tanpa Pita Cukai

4726

Kudus (9/6) Dalam pelaksanaan Operasi Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Kudus terus melakukan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal. Pada Kamis 9 Juni 2022 dini hari, Bea Cukai Kudus memperoleh informasi adanya sebuah minibus yang diduga digunakan untuk mengangkut rokok ilegal dari Jepara.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Tim Bea Cukai Kudus segera melakukan penyisiran dan pencarian di jalan raya Welahan Jepara. Sekitar pukul 00.30 tim berhasil menemukan lokasi minibus sedang melintas di Jalan Raya Welahan – Mijen Gedangan, Jepara. Tim segera menghentikan mobil dan melakukan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan tim menemukan 150 Bale yang berisi 300.000 batang (15.000 bungkus) rokok jenis SKM merek “FLASH BOLD” tanpa dilekati pita. Total perkiraan nilai barang rokok ilegal sebesar Rp 342.000.000,- dan potensi penerimaan negara Rp 229.122.000,-. Seluruh barang bukti, mobil, sopir (W) dan kernet (AIS) dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pita cukai merupakan tanda pelunasan pungutan cukai, yang dikenakan diantaranya atas Rokok (Hasil Tembakau). Dalam pemasaran, rokok pada bungkusnya harus telah dilekati pita cukai, namun rokok yang diangkut dalam minibus di atas tidak dilekati pita cukai sehingga merupakan rokok ilegal. Mari penuhi ketentuan menjadi legal.

#gempurrokokilegal
#legalitumudah
#beacukaimakinbaik