Kunjungan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI

196

Kudus (7/6) Bea Cukai Kudus menerima kunjungan kerja Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI, Selasa (7/6) bertempat di Kantor Pusat Djarum Oasis, Kabupaten Kudus. Dalam kunjungan tersebut dihadiri oleh 5 anggota dari berbagai fraksi. Turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Muhamad Purwantoro, Kepala Bea Cukai Kanwil Jateng dan DIY beserta jajarannya dan Moch. Arif Setijo Noegroho, Kepala Bea Cukai Kudus.

Fokus kunjungan kerja di Kudus terkait penerimaan dan pengawasan cukai hasil tembakau, serta pemanfaatan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) di wilayah Kudus. Penerimaan cukai hasil tembakau Bea Cukai Kudus dari tahun ke tahun selalu meningkat, bahkan tahun 2021 mencapai angka 33 Triliun Rupiah.

Sedangkan dari segi pengawasan, Bea Cukai Kudus terus melakukan operasi gempur rokok Ilegal. Pada kunjungan kerja ini, BAKN DPR RI dapat memperoleh secara langsung penjelasan, masukan dan pandangan dari Bea Cukai yaitu Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Kantor Bea Cukai Kudus, dan Pemerintah Kabupaten Kudus terkait dengan Cukai Hasil Tembakau. Setelah itu rombongan dan tim bertolak melakukan kunjungan ke Pura Grup.

Dengan sejumlah pertemuan tersebut dapat menjadi sarana bagi BAKN DPR RI dalam rangka melaksanakan fungsi Dewan, khususnya terkait dengan fungsi pengawasan keuangan Negara, menyerap aspirasi dan solusi bersama dengan Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Pengusaha/Industri Hasil Tembakau atas kebijakan dan ketentuan terkait dengan Cukai Hasil Tembakau di Indonesia