Cegah Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Kudus Berikan Sosialisasi Kepada Pengusaha Jasa Pengiriman

291

Bea Cukai Kudus secara kontinu menggencarkan sosialisasi ketentuan di bidang cukai. Selain melaksanakan pengawasan dan penindakan barang ilegal, bea cukai kudus juga berkontribusi dalam memberikan informasi serta edukasi terkait cukai kepada masyarakat.


Selasa (15/3), Bea Cukai Kudus melakukan sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan identifikasi pita cukai tahun 2022 kepada Perusahaan Jasa Kiriman yang tegabung dalam Asperindo (Asosiasi Pengusaha Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia) diantaranya PT Pos Indonesia, JNE, Tiki, J&T dan ID Express, Dakota Cargo, Rosalia Ekspress dan lainnya. Sosialisasi dilakukan guna meningkatkan pemahaman pengusaha jasa pengiriman tentang ketentuan di bidang cukai.


Sosialisasi dibagi kedalam dua sesi. Sesi pertama dengan materi Ketentuan di Bidang Cukai. Didit Ghofar, Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama selaku pemateri sesi pertama menyampaikan bahwa tujuan diadakan sosialisasi ini karena makin banyaknya barang/paket yang berisi rokok ilegal yang dikirim melalui jasa pengiriman dan ekspedisi.

Disampaikan juga materi mengenai cukai dan barang kena cukai. Kemudian dilanjutkan sesi kedua dengan materi Identifikasi Pita Cukai Tahun 2022 dan ketentuan hukum bidang Cukai. Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Diharapkan melalui sosialisasi ini pengusaha jasa kiriman dapat lebih waspada terhadap pengiriman barang-barang larangan dan melanggar hukum terutama #rokokilegal .