Bea Cukai Kudus Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal di Karimunjawa

159

Bea Cukai memiliki peran penting untuk membatasi, mengawasi, dan mengendalikan produksi barang-barang yang memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik yang dimaksud adalah barang yang peredarannya perlu diawasi, konsumsinya perlu dikendalikan, pemakaiaannya dapat menimbulkan efek negatif bagi lingkungan dan masyarakat, serta pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan.
Dalam mengoptimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil tembakau (DBHCHT) dan juga menjalankan fungsi Bea Cukai sebagai industrial assistance, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara bekerjasama dengan Bea Cukai Kudus menggelar sosialisasi gempur rokok ilegal yang dikemas dengan Pagelaran Wayang Kulit di Desa Parang, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jumat (11/3). Kegiatan sosialisasi berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 11 hingga 13 Maret 2022.

“Bea Cukai berkesempatan untuk menyampaikan materi tentang ketentuan perundang-undangan di bidang cukai. Melalui sosialisasi ini kami berharap dapat menambah pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang cukai,” ungkap Pemerikasa Bea dan Cukai Ahli Pertama, Sidiq Gandi Baskoro.