Kembangkan Kasus Rokok Ilegal Bea Cukai Kudus Grebek Rumahnya

346

KUDUS (05/01) – Pada Selasa, 4 Januari 2022, sekitar pukul 17.00 Bea Cukai Kudus berhasil mengamankan rokok illegal di sebuah lokasi bangunan/ rumah yang terletak di Desa Ketilengsingolelo, Welahan, Jepara. Penindakan ini merupakan pengembangan kasus rokok illegal sebelumnya, di pintu tol Muktiharjo Semarang pada tanggal 3 Januari 2021 lalu. Tim Bea Cukai Kudus melakukan analisa dan kemudian menuju rumah terperiksa DDA.

Tim segera melakukan pemeriksaan atas bangunan/rumah, dan benar saja di tempat tersebut tim menemukan rokok illegal. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan 1 karung rokok illegal jenis Sigaret kretek Mesin (SKM) berbagai merk tanpa dilekati pita cukai, berbagai bahan penolong seperti etiket, inner kemasan rokok, dan bahan lainnya. Total ditemukan 29.200 batang rokok illegal dengan perkiraan nilai barang Rp 28.044.000 dan potensi pendapatan negara sebesar Rp 18.788.004. Seluruh barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebagai barang kena cukai, pada Rokok berlaku ketentuan di bidang Cukai, yaitu dalam memproduksi sebelumnya harus mendapatkan ijin berupa Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC). NPPBKC dapat diperoleh di Bea Cukai Kudus secara gratis. Kedua dalam penjualan/ pemasarannya rokok harus sudah dilekati pita cukai asli. Rokok hasil penindakan di atas ditemukan tanpa dilekati pita cukai, sehingga merupakan rokok ilegal.