Di Awal Tahun, Bea Cukai Kudus Berhasil Menggagalkan Peredaran Rokok Ilegal

390

Pada Senin 3 Januari 2022, sekitar pukul 20.30 WIB Bea Cukai Kudus melakukan penindakan terhadap sebuah mobil minibus yang mengangkut rokok illegal. Penindakan dilakukan di pintu masuk tol Muktiharjo Semarang, setelah mobil diikuti, dikejar dan kemudian berhasil dihentikan. Penindakan dilakukan berdasarkan informasi yang diperoleh sebelumnya. Mobil mengangkut rokok illegal dari Jepara menuju Semarang melalui jalan Jepara Demak.

Dari hasil pemeriksaan terhadap mobil tersebut, tim menemukan 30 bale rokok illegal. Atas temuan ini seluruh barang bukti rokok illegal, pemilik barang (DDA), sopir (PUA). dan minibus dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk diproses lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku. Setelah dilakukan pencacahan terhitung ditemukan 120.000 batang rokok illegal ,jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM), merek SEKAR MADU SMD bold Filter tanpa dilekati pita cukai. Perkiraan nilai barang sebesar Rp 136.800.000 dan potensi penerimaan negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 91.648.800.

Bea Cukai Kudus terus menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari rokok illegal. Rokok yang merupakan barang kena cukai, dalam pemasaran/penjualannya harus sudah dilekati pita cukai asli. Rokok hasil penindakan di atas ditemukan tanpa dilekati pita cukai. Hal ini melanggar Undang-Undang cukai. Mari menjadi legal, menjadi legal itu mudah.