Diakhir Tahun Bea Cukai Kudus Sita Rokok Ilegal

561

Kudus (02/01) – Pada Jumat 31 Desember 2021, Bea Cukai Kudus memperoleh informasi tentang adanya transaksi rokok illegal yang akan dilakukan di wilayah Kudus. Tim Bea Cukai Kudus menindaklanjuti dengan melakukan pemantauan di tempat sesuai yang diinformasikan. Namun ternyata transaksi akan dilakukan di wilayah Jepara. Tim mengikuti kendaraan yang digunakan terduga pelaku sampai wilayah Jepara. Sekitar pukul 15.00 WIB tim berhasil menemukan tempat bangunan/rumah yang akan digunakan untuk melakukan transaksi di Desa Bakalan, Kalinyamatan, Jepara, Tim segera melakukan pemeriksaan terhadap bangunan tersebut dan ditemukan 5 karton rokok illegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) merk Luffman tanpa dilekati pita cukai. Tim kemudian mengamankan pemilik barang dengan inisial AJ, satu orang yang diduga akan melakukan transaksi berinisial MIJ, dan sopir berinisial TH.

Selanjutnya tim melakukan pengembangan informasi dan menuju rumah MIJ di Desa Kalirejo Undaan, Kudus. Tim menemukan rokok illegal jenis SKM berbagai merk tanpa dilekati pita cukai dan sebagian dilekati pita cukai palsu. Dari 2 lokasi kejadian tersebut total ditemukan rokok illegal sebanyak 50.980 batang, dengan perkiraan nilai barang Rp 51.999.600, dengan potensi kerugian Negara sebesar Rp 34.172.914. Atas pelaku beserta barang bukti berupa rokok ilegal dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pita Cukai merupakan tanda pelunasan pungutan cukai. Rokok dalam pemasarannya harus telah dilekati pita cukai asli. Bila tidak dilekati pita cukai, rokok dikategorikan sebagai rokok ilegal . Dalam penindakan ditemukan rokok tanpa dilekati pita cukai dan sebagian dilekati pita cukai palsu.