Bea Cukai Kudus Gagalkan Transaksi Rokok Ilegal Via E-Commerce

529

JEPARA (09/12) – Operasi gempur rokok ilegal terus dilakukan demi terciptanya iklim industri yang stabil dan legal. Bea Cukai Kudus terus berupaya memberantas peredaran rokok ilegal dengan cara melakukan operasi pasar ke toko/pedagang secara langsung dan juga melaksanakan analis transaksi melalui e-commerce.  Dari hasil analisis transaksi e-commerce,  pada Hari Sabtu (4/12) pukul 18.00 WIB diperoleh informasi akan adanya pengiriman rokok yang diduga ilegal dari Jepara yang akan dikirim melalui jasa pengiriman.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Tim Bea Cukai Kudus segera menuju lokasi Jasa Pengiriman yang akan digunakan untuk mengirimkan rokok ilegal di daerah Welahan Jepara. Setelah dilakukan pemantauan dan pengamatan,  tim mendapati beberapa paket yang dicurigai berisi rokok ilegal. Tim segera melakukan pemeriksaan terhadap paket tersebut. Dari pemeriksaan tim menemukan tiga karton dan 25 paket rokok ilegal berbagai merk, dengan rincian berisi 34.560 batang rokok ilegal dengan kemasan (bungkus)  tanpa dilekati pita cukai dan 9.000 batang rokok ilegal dengan kemasan dilekati pita cukai palsu. Perkiraan nilai barang rokok ilegal tersebut Rp 42.151.200 dan potensi penerimaan negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 27.165.659. Seluruh barang hasil penindakan dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk diproses lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku.

Bea Cukai Kudus  menghimbau kepada masyarakat agar tidak menjual/ memproduksi rokok ilegal. Rokok legal dalam pemasarannya harus telah dilekati pita cukai asli. Rokok tanpa pita cukai ataupun rokok dilekati pita cukai palsu merupakan rokok ilegal. Selain  melanggar hukum, memperjualbelikan rokok ilegal, juga merugikan penerimaan negara. Dengan membeli rokok legal dapat berkontribusi terhadap penerimaan negara.