Bea Cukai Kudus Sosialisasikan SIROLEG Bersama Pemda dan Satpol PP

433

Bea Cukai Kudus menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi Rokok Ilegal (SIROLEG) Nasional dan Monitoring Evaluasi Kegiatan Pemanfaatan dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) pada Rabu (24/11) di Aula Gedung Colo Kantor Bea Cukai Kudus dengan mengundang unsur pemerintah daerah (pemda) yang terdiri dari Bagian Perekonomian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dari Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Blora.

Acara dibuka oleh Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Indra Isnugrahadi. Dalam sambutannya, Indra menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi SIROLEG ini diharapkan dapat mempercepat penyampaian dan pengumpulan informasi terkait peredaran rokok illegal serta monitoring evalusi kegiatan DBHCHT masing-masing wilayah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai latar belakang dan manfaat dari aplikasi SIROLEG oleh Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Wicaksono. Pada kegiatan ini, peserta training juga diberikan materi dengan melakukan praktek langsung/uji coba aplikasi tersebut dengan dipandu oleh fungsional Bea dan Cukai Ahli Pertama, Wiwit Nurdiansyah.

Setelah kegiatan bimbingan teknis aplikasi tersebut selesai, kemudian acara dilanjutkan dengan monitoring evaluasi kegiatan DBHCHT semester I untuk setiap wilayah di bawah pengawasan kantor bea cukai kudus yang disampaikan oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Dwi Prasetyo Rini.

Dengan diimpementasikan aplikasi SIROLEG kedepannya diharapkan ada sinergi positif dan efektif antara Pemda dan Bea Cukai Kudus untuk memudahkan mengumpulkan informasi peredaran rokok illegal sehingga peredaran rokok illegal dapat ditekan.