Kunjungan Kerja Bupati Pasuruan Ke KIHT Kudus

287

KUDUS (29/09) – Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kudus kembali menunjukkan pesonanya. Kali ini giliran Bupati Pasuruan bersama Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan yang menyempatkan waktu untuk mengunjungi KIHT Kudus pada hari Selasa tanggal 28 September 2021.

Sebelum melihat secara langsung proses bisnis di KIHT Kudus, Bupati Pasuruhan, Irshad Yusuf beserta rombongan disambut oleh Bupati Kudus di Pendopo Kabupaten. Bupati Kudus menyampaikan bahwa dengan adanya KIHT, para Pengusaha Rokok dapat meningkatkan kualitas produknya. Terdapat mesin pembuat rokok yang dapat disewa oleh para pengusaha rokok di KIHT sehingga mereka tidak lagi hanya memproduksi rokok jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT), tetapi dapat memproduksi rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM).

Bupati Kudus berharap dengan adanya KIHT, penerimaan cukai akan meningkat, maka Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang diterima juga akan bertambah. Pada akhirnya masyarakat juga yang akan merasakan manfaatnya.

Hal tersebut tampaknya selaras dengan tujuan dari Bupati Pasuruhan yang menyatakan bahwa maksud kedatangannya ke Kudus adalah dalam rangka belajar tentang proses bisnis dan pendirian KIHT. KIHT akan dibentuk sebagai langkah pemanfaatan DBHCHT yang diterima Kabupaten Pasuruhan yakni sebesar 200,45 Miliar rupiah.