Kelompok Informasi Masyarakat dan Penggiat Media Sosial Blora Ikuti Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai dan Rokok Ilegal

395

BLORA (13/08) – Bertempat di aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Bea Cukai Kudus bersinergi dengan Dinkominfo Kabupaten Blora adakan Sosialisasi Ketentuan Bidang Cukai dan Gempur Rokok Ilegal pada hari Kamis 12 Agustus 2021. Sosialisasi kali ini dihadiri oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Penggiat Media Sosial (Medsos) se Kabupaten Blora.

Kepala Dinkominfo, Sugiyono mengungkapkan bahwa KIM dan Penggiat Medsos dapat berpartisipasi dalam edukasi kepada masyarakat tentang cukai dan rokok ilegal. Untuk itu Dinkominfo Kabupaten Blora bekerjasama dengan Bea Cukai Kudus untuk memberikan pemahaman tentang Cukai hasil Tembakau dan Bahaya Rokok Ilegal.

Dikarenakan masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka acara sosialisasi dibagi menjadi dua sesi dengan masing-masing sesi dihadiri sebanyak 25 peserta. Sesi pertama dimulai pukul 09.00 WIB diikuti oleh para anggota KIM dan pada sesi kedua pukul 14.00 WIB diikuti oleh para Penggiat Medsos.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus, Dwi prasetyo Rini dan Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama, Didit Ghofar secara bergantian memaparkan materi mulai dari tugas dan fungsi bea cukai, sejarah cukai, jenis hasil tembakau, hingga rokok illegal. Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) juga ikut disampaikan karena merupakan dana yang berasal dari pendapatan cukai yang dibagikan kembali ke masing-masing daerah dengan alokasi penggunaan 50 persen untuk kesejahteraan masyarakat, 25 persen untuk bidang penegakan hukum, dan 25 persen untuk bidang kesehatan.

Kegiatan berlangsung dengan meriah yang dibuktikan dengan antusias para peserta dalam memberikan pertanyaan maupun tanggapan.