Bea Cukai Kudus Berikan Asistensi: Dorong Ekspor Dengan Kenalkan Fasilitas KITE-IKM

411

KUDUS, (06/08) — GUSJIGANG adalah sebuah filosofi hidup hasil warisan dari Sunan Kudus yang memiliki makna “Berakhlak bagus, pandai mengaji, dan pintar berdagang”. Filosofi ini diwariskan kepada masyarakat Kudus dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Hal ini diyakinkan dengan tingginya semangat dagang dari para masyarakatnya. Semangat ini pun telah terbukti dengan beragam produk dari daerah yang telah diekspor.

Untuk mendukung hal ini, Bea Cukai mempunyai fungsi sebagai “Industrial Assistance” dengan memberikan berbagai fasilitas untuk mendukung industri dalam negeri.

Pada Kamis, 5 Agustus 2021 Bea Cukai Kudus memberikan asistensi kepada Perusahaan PT Koloni Timur yang berada di Kudus dalam hal importasi barang baku yang akan diolah kembali. Bea Cukai Kudus yang dieakili oleh Dwi Prasetyo Rini dan Budi Santoso dalam asistensi memberikan rekomendasi kepada perusahaan untuk mengajukan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah (KITE – IKM). KITE – IKM sendiri merupakan fasilitas yang diberikan kepada para pelaku industri kecil menengah (IKM) untuk dapat diberikan pembebasan terhadap pungutan impor berupa bea masuk atas barang yang diimpor, dengan catatan barang yang diimpor merupakan bahan baku guna diolah kembali di Indonesia yang nantinya akan diekspor kembali ketika barang sudah jadi.

Dengan adanya KITE-IKM ini semoga dapat memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha dalam negeri khususnya Industri Kecil dan Menengah sehingga mampu bersaing di pasar internasional.