Kemenkeu Satu Peduli di Masa Pandemi: Bea Cukai Kudus Bagikan Daging Qurban ke Masyarakat Sekitar

86

KUDUS (23/07) – Bea Cukai Kudus membagikan sekitar 530 paket daging hewan qurban pada hari kamis tanggal 22 Juli 2021. Dimulai pukul 05.30 WIB para panitia qurban tahun 1442 H memulai prosesi penyembelihan terhadap dua ekor sapi dan lima ekor kambing. Hewan-hewan qurban tersebut diperoleh dari para pegawai ataupun keluarga pegawai. Penyembelihan dilakukan di daerah Tambak Lulang yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Kantor Bea Cukai Kudus. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan paska penyembelihan dapat dilakukan lebih baik.

Selain datang ke lokasi untuk melihat hewan qurbannya disembelih, para pengqurban juga dapat melihat prosesi penyembelihan hewan qurbannya melalui aplikasi daring Zoom Meeting. Sebelum penyembelihan hewan qurban, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat hadir secara langsung ke lokasi. Gatot berharap semoga pelaksanaan penyembelihan sampai dengan pembagian daging qurban dapat terlaksana dengan lancar.

Selesai melakukan penyembelihan, selanjutnya daging qurban ukuran besar dibawa ke halaman Kantor Bea Cukai Kudus untuk dijadikan potongan yang lebih kecil. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan harus cuci tangan sebelum maupun sesudah bersentuhan dengan daging qurban, para panitia menimbang kemudian memasukkan daging ke dalam kemasan.

Kemudian daging qurban dibagikan kepada warga di sekitar kantor Bea Cukai Kudus, para tukang parkir, tukang becak, dan pedagang. Selain masyarakat di sekitar kantor, daging qurban juga dibagikan kepada para kaum yatim dan dhuafa. Kerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) juga dilakukan demi pembagian yang lebih merata. Perwakilan dari ACT menyatakan terima kasih atas amanah yang diberikan untuk melakukan pembagian daging qurban. pihaknya menyatakan akan membagikan kepada para terdampak banjir yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu.

Semoga pelaksanaan dan pembagian daging qurban ini akan senantiasa bermanfaat bagi para penerima dan juga menjadi ladang amal dan ibadah pagi para pengqurban. Aamiin