Customs Goes to Campus, Kenalkan Tugas dan Fungsi Bea Cukai Kepada Mahasiswa

323

KUDUS (23/7) – Bea Cukai Kudus melaksanakan Sosialisai mengenai Potensi dan Realisasi Penerimaan kepada para mahasiswa Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus pada 22 Juli 2021. Kegiatan ini pada rangkaian acara Seminar Online Dema Fakultas Syariah IAIN Kudus dengan tema ““Potensi dan Realisasi Penerimaan Bea dan Cukai terhadap Pembangunan Daerah”. Acara terlaksana berkat antusiasme mahasiswa Dema Fakultas IAIN yang ingin mengenal tugas dan fungsi pokok dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan kaitannya terhadap pembangunan daerah.

Kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh salah satu perwakilan mahasiswa lalu sambutan dari Wakil Dekan 1 IAIN Bidang Kemahasiswaan, Abdul Haris Naim, S.H. M.Hum. dan Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo. Dalam sambutannya, Abdul Haris Naim memiliki harapan agar para mahasiswa kelak mampu menjadi pengusaha yang taat dengan peraturan khususnya peraturan perundang-undangan kepabeanan dan cukai sehingga menjadi pengusaha yang sukses dan mendukung peran pemerintah untuk pembangunan negara dan daerah. Sementara Gatot Sugeng Wibowo menyampaikan sekilas profil Bea Cukai Kudus dan mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Bea Cukai Kudus untuk menjadi narasumber seminar online.

Kegiatan berikutnya adalah pemaparan materi oleh Dwi Prasetyo Rini selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus. Materi yang dipaparkan adalah tugas fungsi Bea Cukai dan potensi serta realisasi dari penerimaan Kepabeanan dan Cukai. Selain itu, para peserta juga diberikan pengetahuan mengenai rokok illegal.

Selanjutnya, dilanjutkan materi kedua mengenai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) oleh Plt. Kepala Bappeda Arif Suwanto, S.Sos. MM. Dalam materinya, dipaparkan juga materi mengenai potensi dan data Industri yang berada di Kudus.

Setelah materi selesai dipaparkan, kegiatan diakhiri dengan sesi pertanyaan. Terlihat para mahasiswa memberikan beberapa pertanyaan. Diakhir acara, kegiatan ditutup dengan foto bersama dan para pemateri memberikan sebuah pernyataan dukungan semangat kepada para mahasiswa.