Bea Cukai Kudus Laksanakan FGD Capaian Semester I dan Sosialisasi SKPJ Secara Daring

384

KUDUS (15/07) – Daring (Dalam Jaringan) masih menjadi solusi dalam melakukan beragam kegiatan di kala pandemi Covid-19. Seperti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Capaian Semester I dan Sosialisasi Survei Kepuasan Pengguna Jasa (SKPJ) kali ini juga dilaksanakan secara daring. Acara dilaksanakan selama dua hari yakni pada hari selasa dan rabu tanggal 13 dan 14 Juli 2021 dengan peserta para Mitra Bea Cukai Kudus (BCKu). Hari pertama diikuti para Pengusaha Barang Kena Cukai (BKC) dan hari kedua oleh para Pengusaha Jasa Kepabeanan.

Bertempat di Ruang Rapat Gedung Colo Kantor Bea Cukai Kudus, Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Indra Isnugrahadi mewakili Kepala Kantor, memimpin acara. Indra menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk komunikasi dengan Pengguna Jasa. Sebagai kantor yang telah meraih predikat WBBM, capaian kinerja perlu disampaikan kepada Pengguna Jasa. Terkait sosialisasi SKPJ, Indra menyampaikan bahwa akan ada kegiatan survei yang dilakukan oleh Bea Cukai dalam bulan Juli ini. Dalam SKPJ dipersilahkan pengguna jasa untuk melakukan penilaian dan memberikan masukan. Survei yang diadakan setiap tahun ini juga bertujuan untuk menampung masukan dari para Mitra Bea Cukai. Sehingga Bea Cukai bisa terus berbenah agar semakin Makin Baik.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Dwi Prasetyo Rini berkesempatan untuk memaparkan materi Capaian Semester I. Rini menjelaskan bahwa sampai dengan 30 Juni 2021, Bea Cukai Kudus telah mengumpulkan penerimaan negara sebesar Rp15,18 Triliun atau 44,36% dari Target Penerimaan Tahun 2021. Tumbuh 16,29% dibanding Penerimaan Semester I Tahun 2020. Selain Penerimaan, Bea Cukai Kudus juga telah melakukan penindakan terhadap 5.997.636 batang rokok illegal. Perkiraan nilai barang yakni Rp6,1 Miliar dengan potensi kerugian Negara sebesar Rp4 Miliar.

Rini juga menyampaikan terima kasih kepada para Mitra BCKu atas hasil SKPJ Tahun 2020 sehingga Bea Cukai Kudus memperoleh nilai 4,64 (skala 5) atau dengan kategori Sangat Puas. Atas beragam masukan pada SKPJ Tahun 2020 juga telah ditindaklanjuti. Dimohon kepara para Mitra BCKu agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan SKPJ Tahun 2021.

Selesai pemaparan, acara dilanjutkan dengan diskusi dengan para peserta. Kemudian acara ditutup dengan foto bersama secara daring dengan para peserta.