Bea Cukai Kudus Edukasi Masyarakat Melalui Talkshow Radio

51

Pada Hari Kamis (15/04), Bea Cukai Kudus bekerjasama dengan Radio Suara Kudus melakukan Talkshow terkait ketentuan di bidang cukai.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi Kantor Bea Cukai Kudus kepada masyarakat umum.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Dwi Prasetyo Rini dan Pejabat Fungsional Ahli Pertama, Didit Ghofar, selaku narasumber memaparkan materi mulai dari tugas pokok dan fungsi Bea Cukai, Jenis Barang Kena Cukai (BKC), Ciri-ciri Rokok Ilegal, hingga alur perizinan untuk memproduksi BKC dan sanksi pelanggaran di bidang cukai.

“Selain memiliki tugas pokok untuk mengawasi lalu lintas barang yang masuk atau keluar Daerah Pabean dan melakukan pemungutan Bea Masuk dan Cukai serta pungutan negara lainnya, Bea dan Cukai memiliki empat fungsi utama, fungsi tersebut antara lain Trade Facilitator, Industrial Assistance, Community Protector, dan Revenue Collector”, jelas Rini.

Tingginya antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya pendengar yang berpartisipasi baik melalui telepon, sms, maupun whatsapp. Dilaksanakannya kegiatan ini diharap mampu menambah wawasan masyarakat terkait ketentuan di bidang Kepabeanan dan Cukai.