Optimalkan Kinerja Pemda dalam Pemanfaatan DBHCHT, Bea Cukai Kudus Adakan Sosialisasi SE-1/BC/2021

141

KUDUS (13/04) – Dalam rangka memberikan pedoman kepada para Kepala Kantor Bea Cukai dan Pemerintah Daerah yang mengelola Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Direktur Jenderal Bea dan Cukai mengeluarkan SE-1/BC/2021 tentang Pedoman Kepala Kantor Bea Cukai untuk Melakukan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah dalam Pemanfaatan DBHCHT dan Petunjuk Teknis dalam Penggunaan DBHCHT di Bidang Penegakan Hukum. Sosialisasinya telah dilaksanakan oleh Bea Cukai Kudus kepada para pengelola DBHCHT se-eks-Karesidenan Pati pada Senin, 12 April 2021.

Bertempat di Aula Gedung Colo Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo selaku Kepala Kantor membuka kegiatan sosialisasi dengan menyampaikan beberapa ketentuan terbaru yang diatur oleh Surat Edaran (SE) tersebut.

“SE ini bertujuan agar program kerja yang telah disusun oleh Pemda setempat tidak menyimpang jauh dari program yang telah diatur dalam SE sehingga penilaiannya dapat tercapai secara maksimal,” ujar Gatot.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Penyuluhan Layanan Informasi, Dwi Prasetyo Rini, dan Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan, Wicaksono. Selanjutnya para perwakilan Pemda berbagi mengenai berbagai kendala yang dihadapi dalam melaksanakan SE tersebut. Diskusi pun berlangsung hangat.

Semoga dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini, baik Pemda maupun Bea Cukai mendapatkan pencerahan dalam menjalankan tugasnya dalam memanfaatkan dan mengelola DBHCHT.