FGD Bersama Perusahaan Tempat Penimbunan Berikat se Karisidenan Pati

521

KUDUS (12/04) – Jumat (09/04) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Kudus Mengadakan acara diskusi dengan para perwakilan perusahaan penerima Fasilitas Tempat Penimbunan Berikat yang berada di wilayah pengawasannya. Acara yang di selenggarakan di Hotel D’Seasons, Jepara di hadiri oleh 13 Perusahaan dari 19 perusahaan yang diundang.

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan FGD tahun 2021 yang ditujukan menerima masukan permasalahan yang dihadapi pengusaha dalam menjalankan kegiatannya terutama saat ekspor maupun impor.

Adapun materi yang disampaikan adalah Ketentuan Ekspor Langsung dari perusahaan penerima subkon akhir oleh Kepala seksi Pabean dan Cukai II Agus Saptari, selain itu juga diberikan materi tentang saluran pengaduan jika ada keluhan terhadap integritas pegawai yang ditempatkan mengawasi di lapangan oleh unit Kepatuhan Internal yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Seksi Penyulunan dan Layanan Informasi Ibu Dwi Prasetyo Rini.

Pada kesempatan tersebut terdapat beberapa permasalahan yang mengemuka saat sesi diskusi terkait dengan perusahaan konsolidator yang dapat membatalkan ekspor, salah kirim barang jadi ke perusahaan lain oleh penerima subkon, adanya barang rusak di penerima subkon akhir sehingga mengurangi jumlah saat akan ekspor, dan beberapa masalah lainnya. Atas permasalahan yang dapat diatasi, pada saat itu dibuatkan rencana penyelesaiannya baik yang bersifat kebijakan maupun koordinasi dengan pihak lain baik Kantor Pusat DJBC maupun Instansi lain yang terkait.

Acara di tutup dengan foto bersama dan juga evalusai pelaksanaan FGD agar kedepannya dapat lebih baik lagi.