Bea Cukai Kudus Berikan Edukasi Cukai dan Rokok Ilegal ke Pelajar SMAN 1 Kudus

467

KUDUS (09/04) – Bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah sekaligus sebagai kegiatan Customs Goes to School (CGTS), Bea Cukai Kudus berikan edukasi di bidang cukai kepada 100 pelajar di SMA Negeri 1 Kudus. Acara bertema Edukasi di Bidang Cukai dan Perlindungan Konsumen bagi Pelajar di Wilayah Industri Hasil Tembakau ini dilaksanakan pada Kamis (08/04). Mengingat situasi masih pandemi COVID-19, kegiatan dilaksanakan secara semidaring demi menjaga protokol kesehatan di mana 40 (empat puluh) siswa hadir secara langsung tatap muka dan 60 (enam puluh) lainnya secara virtual.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Disperindag Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Arif Sambodo. Selanjutnya materi tentang Perlindungan Konsumen disampaikan oleh Wakil Kepala SMA Negeri 1 Kudus, Tri Astuti Evawani. Eva menyampaikan kiat-kiat untuk menjadi masyarakat dan konsumen yang cerdas.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi, dan Perlindungan Konsumen Disperindag Kudus, Imam Prayitno, menyampaikan materi yang menjadi tema acara yakni “Konsumen Berdaya Pulihkan Ekonomi Bangsa”. Di mana kita sebagai konsumen mempunyai peran penting dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Materi terakhir tentang Pengenalan Cukai dan Pemberantasan Rokok Ilegal disampaikan oleh Sidiq Gandi dari Bea Cukai Kudus. Sidiq memaparkan tentang target dan penerimaan Bea Cukai Kudus yang harus disetorkan ke Kas Negara, bagaimana peran cukai dalam pembangunan, dan ciri-ciri serta dampak rokok ilegal. Berbagai hal seputar tugas dan fungsi Bea Cukai ditanyakan pada sesi tanya jawab. Hal tersebut membuktikan tingginya antusiasme para peserta dalam mengikuti acara.