Lagi, Mobil Pengangkut Rokok Ilegal ditindak Bea Cukai Kudus

714

KUDUS, 2 April 2021 – Sebuah sarana pengangkut berjenis minibus ditindak oleh petugas Bea Cukai Kudus karena didapati digunakan untuk mengangkut rokok ilegal di Desa Buaran, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, pada hari Kamis (1 April 2021).

Sebelumnya sekitar pukul 22.00 WIB Tim Intelijen dan Penindakan Bea Cukai Kudus, memperoleh informasi tentang adanya sarana pengangkut yang diduga digunakan untuk mengangkut rokok ilegal dari Jepara. Menindaklanjuti informasi, tim melakukan penyisiran di jalan desa Buaran Mayong Jepara dan sekitar pukul 23.00 tim mendapati mobil sesuai yang diinformasikan sedang terparkir di depan sebuah rumah tinggal. Tim segera melakukan pemeriksaan atas mobil tersebut. Tidak didapati sopir/ pemilik mobil, namun ditemukan rokok ilegal berjenis Sigaret kretek mesin (SKM) sebanyak 12 Koli dan 2 bale, siap edar tanpa dilekati pita cukai, dengan merk L.4 Bold dan NEO d’DAKAR dan 2 karton rokok batangan. Total rokok ilegal yang ditemukan 324.000 batang, dengan perkiraan nilai barang mencapai Rp 331.296.000,- dan potensi kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 217.719.936,-.

Seorang tokoh masyarakat di desa tersebut diminta untuk menjadi saksi atas pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas Bea Cukai Kudus terhadap barang bukti sarana pengangkut dan rokok ilegal yang ditindak.

Atas kejadian ini, seluruh barang bukti berupa sarana pengangkut dan rokok ilegal dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bea Cukai Kudus sekali lagi menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan usaha ilegal terutama memproduksi dan mengedarkan rokok ilegal. Mari Jaga Indonesia Kita bersama agar Indonesia semakin baik.