Operasi Bersama Penegakan Hukum BKC Ilegal: Wujud Nyata Sinergi Antar Instansi

497

PATI (30/03) – Pada Hari Selasa (30/03) Bea Cukai Kudus melaksanakan kegiatan Operasi Bersama Penegakan Hukum Barang Kena Cukai Ilegal di Wilayah Kabupaten Pati. Selain Bea Cukai Kudus, kegiatan yang digagas oleh Satpol PP Provinsi Jawa Tengah ini diikuti oleh instansi terkait lain, diantaranya Satpol PP Kabupaten Pati, Kodim 0718/Pati, Polres Pati, dan Kejaksaan Negeri Pati.

Sebelum memulai kegiatan operasi pasar, diadakan apel dan pengarahan oleh Kabid PPHD Satpol PP Kabupaten Pati, Djuharianto. Dalam arahannya dikatakan bahwa tujuan operasi bersama ini adalah untuk menekan peredaran rokok ilegal, khususnya di wilayah Kabupaten Pati, sekaligus sosialisasi langsung terkait ketentuan di bidang cukai.

“Selain untuk menekan peredaran rokok ilegal, operasi bersama juga dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membeli rokok ilegal”, pungkasnya.

Kegiatan operasi pasar kali ini difokuskan pada Kecamatan Jaken dan Batangan Kabupaten Pati. Setelah melakukan penelusuran pada beberapa toko milik warga, Tim berhasil mengamankan sejumlah rokok tanpa dilekati pita cukai. Selain melakukan penyitaan terhadap rokok ilegal yang ditemukan, Tim juga melakukan sosialisasi terkait ciri-ciri rokok ilegal. Salah satunya dengan melakukan pemasangan stiker #GempurRokokIlegal. Hal tersebut dilakukan untuk mengedukasi masyarakat yang memang belum mengetahui ciri-ciri rokok ilegal, dimana ditemukan bahwa terdapat pedagang yang tidak mengetahui bahwa rokok yang dijual merupakan rokok ilegal.

Dengan dilakukannya operasi bersama semacam ini, diharapkan sinergi antar instansi untuk Gempur Rokok Ilegal terjalin semakin kuat, sehingga celah peredaran rokok ilegal di Indonesia semakin tertutup.