Perkenalkan Industri Mebel Lokal, Bea Cukai Kudus Sambut Kunjungan Atase Kastam Diraja Malaysia

765

KUDUS (09/03) – Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, beserta jajaran berkenan menyambut kunjungan silaturahmi Atase Kastam Diraja Malaysia, Mohd. Syukri Ahmad, pada Jumat (05/03). Syukri telah menjabat sebagai Atase di Jakarta, Indonesia, selama sekitar dua tahun. Dalam kunjungan yang berlangsung singkat tersebut, suasana kekeluargaan terbina dengan sangat baik.

Selain untuk meningkatkan sinergi antar institusi kepabeanan kedua negara, tujuan kunjungan ke Bea Cukai Kudus adalah untuk menjalin silaturahmi serta meninjau potensi industri mebel yang berada di Jepara. Bukan saja karena nama besarnya sebagai kota ukir, Jepara dilirik untuk dikunjungi mengingat banyak produknya yang diekspor ke Malaysia.

Gatot kemudian mengajak Syukri mengunjungi beberapa pusat industri mebel di Jepara untuk meninjau secara langsung proses pembuatan mebel baik yang dilakukan dengan tenaga manusia maupun yang menggunakan mesin. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah CV Aulia Jati Indofurni. Maskur Zaenuri selaku pemilik usaha sekaligus merupakan ketua HIMKI Jepara turut mendampingi dan menjelaskan berbagai hal seputar industri mebelnya.

Kunjungan ini diharapkan meningkatkan sinergi antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Kastam Diraja Malaysia serta mendorong industri dalam negeri, khususnya produk #mebel, dalam meningkatkan ekspornya. Syukri menyampaikan pantun Melayu:

“Harum mekar bunga setaman,
Harum semerbak bunga melati,
Sungguh indah kita berteman,
Kastam & BCKu meneruskan tradisi.”