Adakan Operasi Pasar Bersama, Satpol PP dan Bea Cukai Kudus Sisir Perdaran Rokok Ilegal di Kabupaten Kudus

435

KUDUS (25/2) – Tingkatkan sinergi antarinstansi, Bea Cukai Kudus lakukan operasi pasar bersama dengan Satpol PP Kabupaten Kudus. Operasi bersama dilakukan sebagai salah satu upaya preventif untuk memberantas peredaran rokok ilegal di khususnya wilayah Kabupaten Kudus. Kegiatan pemberantasan rokok ilegal yang dilaksanakan antara Pemerintah Kabupaten Kudus dan Bea Cukai Kudus ini merupakan salah satu kegiatan yang memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Operasi pasar bersama yang dilakukan pada Hari Selasa dan Kamis (23 & 25/02) difokuskan di Kecamatan Undaan dan Gebog, Kabupaten Kudus. Selain melakukan operasi di dalam pasar, penyisiran rokok ilegal juga dilakukan terhadap toko-toko milik warga sekitar. Dari hasil penyisiran, sebagian besar tidak ditemukan adanya rokok ilegal. Hanya satu toko yang kedapatan menjual rokok tanpa dilekati pita cukai. Sesuai Pasal 29 UU Nomor 39 Tahun 2007 jo. UU Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai, Barang Kena Cukai yang pelunasannya dengan cara pelekatan pita cukai atau pembubuhan tanda pelunasan cukai lainnya hanya boleh ditawarkan, diserahkan, dijual, atau disediakan untuk dijual, setelah dikemas untuk penjualan eceran dan dilekati pita cukai atau dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya yang diwajibkan. Atas temuan tersebut ditindaklanjuti sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Selain melakukan operasi pasar, petugas juga melakukan penyuluhan kepada para pedagang. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap para pedagang terkait rokok ilegal. Dengan harapan, setelah mengetahui ciri-ciri rokok ilegal, para pedagang dapat menolak atau melaporkan apabila menemukan peredaran rokok ilegal di kemudian hari.

Dengan dilaksanakannya operasi pasar bersama ini, diharapkan sinergi antara Bea Cukai Kudus dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus dapat terjalin semakin baik, khususnya terkait pemberantasan rokok ilegal.