Bukti Keseriusan Bea Cukai Kudus Membina dan Melayani Pengguna Jasa: Kepala Kantor Turun Langsung ke Lapangan

414

KUDUS (18/2) – Demi meningkatkan pelayanan, salah satu upaya yang dilakukan Bea Cukai Kudus adalah proaktif melakukan kunjungan ke pengguna jasa dan mitra kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk berdiskusi mengenai berbagai kendala proses bisnis yang mungkin dihadapi pengguna jasa dan mitra kerja. Selain itu kunjungan ini untuk mendorong para pengguna jasa mengoptimalkan fasilitas Kepabeanan dan Cukai.

Pada Rabu (17/2), Bea Cukai Kudus melakukan kunjungan ke Pabrik Rokok di wilayah Kabupaten Jepara. Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I, Sutopo Ari Subagyo, dan Pejabat Fungsional Ahli Pertama, Sidiq Gandi, mengunjungi PR. Putra Permata Biru dan PR. KSM yang berlokasi di Kecamatan Kalinyamatan.

Dalam kunjungannya, Gatot mendorong pengusaha hasil tembakau untuk menggunakan fasilitas yang disediakan, salah satunya adalah penundaan pembayaran cukai. Selain itu, Bea Cukai Kudus berkomitmen untuk terus berupaya mendorong dan memfasilitasi para pengusaha hasil tembakau di wilayah kerjanya untuk memproduksi rokok secara legal. Komunikasi juga dilakukan untuk mengajak semua pihak meningkatkan kesadaran dan semangat pemberantasan rokok ilegal.

Para pimpinan Pabrik Rokok yang dikunjungi merasa tersanjung. “Kami bahagia sekali atas kunjungan Bapak. Selama ini yang datang biasanya hanya selevel Kepala Seksi. Ini malah Kepala Kantornya berkenan datang silaturahmi. Sungguh merupakan kehormatan tersendiri bagi kami,” katanya.

 

Selain mengunjungi pengguna jasa, rombongan juga mengunjungi Petinggi Robayan. Kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk sinergi Bea Cukai Kudus dengan Pemerintah Daerah setempat. Salah satu agenda yang dibahas adalah terkait pembentukan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Jepara.

 

Sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Kudus, rombongan menyempatkan berkunjung ke calon lokasi yang hendak diusulkan Pemkab Jepara sebagai area pembangunan KIHT di Desa Sengon Bugel.