Sharing Session Pembentukan Rumah Solusi Ekspor

360

KUDUS (18/02) – Untuk mendukung pemulihan ekonomi saat pandemi Covid-19, Bea Cukai Kudus melaksanakan Sharing Session pembentukan Rumah Solusi Ekspor. Acara yang dilaksanakan di Mutia Vie Resto Jepara pada Senin (15 Februari 2021) ini, dihadiri oleh para pengusaha mebel yang tergabung dalam Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Jepara, pelaku usaha mebel ekspor Jepara, serta instansi terkait dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara dan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jepara.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, membuka acara tersebut sekaligus memberikan sambutan. Gatot menyampaikan ditengah kondisi saat ini, Bea Cukai Kudus mencoba mendukung para pelaku ekspor dengan membentuk suatu wadah yang dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat ekspor. Wadah tersebut nantinya akan menjadi tempat para pengusaha pelaku ekspor dan instansi terkait yang menangani ekspor, bertemu. Diharapkan wadah tersebut dapat menjawab permasalahan para pengusaha pelaku ekspor di Jepara dengan cepat, sehingga kegiatan ekspor dapat berjalan lancar dan membantu meningkatkan ekonomi nasional.

Selanjutnya, Maskur selaku Ketua HIMKI menangapi hal tersebut dengan baik. Maskur menyatakan bahwa saat ini para pengusaha pelaku ekspor khususnya pengusaha mebel di Jepara mengalami beberapa kendala dalam melakukan ekspor. Diharapkan dengan adanya rumah solusi ekspor, dapat memberikan solusi.
Disampaikan juga dengan fasilitas KITE IKM sangat membantu dalam menekan harga produk ekspor agar dapat bersaing dengan negara lain. Proses mendapatkan fasilitas KITE IKM pun sangat mudah dan cepat, hanya 2 hari kerja.

Permasalahan dan hal lain yang disampaikan menjadi diskusi hangat. Baik Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jepara maupun KPP Pratama Jepara siap membantu dan mendukung pembentukan Rumah Solusi Ekspor untuk mendorong ekspor di Jepara.

Kegiatan sharing session diakhiri dengan kesepakatan para peserta membentuk Rumah Solusi Ekspor dan akan mengajak instansi-instasi lain untuk dapat turut serta mendorong kegiatan ekspor di Jepara.

Melalui kegiatan ini, diharapkan produk ekspor Indonesia khususnya di Jepara makin dapat bersaing di pasar dunia dan memperkuat ekonomi nasional. Tak hanya itu, diharapkan juga sinergi Bea Cukai Kudus dengan Pengguna Jasa dan Instansi lain makin kuat.