Bea Cukai Kudus Memantau Harga Transaksi Pasar Hasil Tembakau Hingga ke Karimunjawa

394

Kudus (18/12) – Jelang akhir tahun 2020, Bea Cukai Kudus kembali melakukan pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) Hasil Tembakau. Kegiatan dilaksanakan dengan membandingkan harga jual rokok di toko dengan Harga Jual Eceran (HJE) yang tercantum dalam Pita Cukai. Kegiatan pemantauan HTP merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap triwulan sekali yaitu pada Maret, Juni, September, dan Desember.


Pada periode Desember ini, Pemantauan HTP dilaksanakan oleh Tim Bea Cukai Kudus mulai Senin (07/12) dan berakhir Minggu (13/12) dengan target lokasi tiga kabupaten yaitu Pati, Rembang, dan Jepara. Di Kabupaten Pati kegiatan dititikkan di Kecamatan Gabus, Pucak Wangi, Gunungwungkal, dan Gembong. Sedangkan di Kabupaten Rembang berada di Kecamatan Sedan dan untuk Kabupaten Jepara berada di Karimun Jawa.
Dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19, Tim melakukan pemantauan HTP dengan mengunjungi beberapa toko baik toko modern maupun toko tradisional. Kemudian tim mendata merek, harga jual rokok, dan jumlah rokok yang berada di display etalase toko.


Selain itu, sekligus juga melakukan sosialisasi dengan membagikan informasi kepada pedagang terkait ciri-ciri rokok ilegal. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kewaspadaan pedagang terhadap rokok ilegal yang dapat merugikan penerimaan negara serta membahayakan kesehatan masyarakat.
#beacukaikudus #pemantauanhtp #gempurrokokilegal #cukai