Tingkatkan Sinergi, Bea Cukai Kudus Gandeng Pemda Rembang dan Blora Gempur Rokok Ilegal

474
KUDUS (04/12) – Bea Cukai Kudus bersinergi dengan Sekretariat Daerah dan Satpol PP Kabupaten Rembang dan Blora dengan mengadakan operasi bersama dalam rangka pemberantasan rokok ilegal di wilayah Kabupaten Rembang dan Blora pada Kamis dan Jumat (03/12 dan 04/12). Kegiatan pemberantasan rokok ilegal bersama antara Pemerintah Daerah dengan Bea Cukai merupakan salah satu wujud kegiatan yang memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).
Operasi pasar di Kabupaten Rembang difokuskan di wilayah Kecamatan Kragan. Sementara di Kabupaten Blora, dilakukan penyisiran pada kios dan toko di wilayah Kecamatan Todanan, Japah, dan Tunjungan. Pada kesempatan kali ini, tim gabungan berhasil menemukan beberapa toko yang kedapatan menjual rokok tanpa dilekati pita cukai. Sesuai dengan Pasal 29 UU Nomor 39 Tahun 2007 j.o. UU Nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai, Barang Kena Cukai yang pelunasannya dengan cara pelekatan pita cukai atau pembubuhan tanda pelunasan cukai lainnya hanya boleh ditawarkan, diserahkan, dijual, atau disediakan untuk dijual, setelah dikemas untuk penjualan eceran dan dilekati pita cukai atau dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya yang diwajibkan. Atas temuan tersebut akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Operasi pasar dilaksanakan dalam rangka menekan peredaran rokok ilegal, sekaligus melakukan tindakan persuasif dalam memberikan pemahaman sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat khususnya pelaku usaha yaitu pedagang eceran, toko, kios, dan lain-lain. Sehingga selain melakukan penyitaan terhadap rokok ilegal, petugas juga memberikan penyuluhan dengan harapan para pedagang setelah mengerti ciri-ciri rokok ilegal dapat menolak atau melaporkan apabila menemukan peredaran rokok ilegal di kemudian hari.

Selain bersinergi dalam operasi pasar, harapan selanjutnya ialah koordinasi antara Bea Cukai Kudus dengan Pemerintah Daerah Rembang dan Blora selalu terjalin dengan baik untuk menghentikan peredaran rokok ilegal.