Tingkatkan Kompetensi Pegawai Dibidang Pengelolaan Keuangan Negara, Bea Cukai Kudus Adakan P2KP SPIP

528

Kudus (03/12/2020) – Bea Cukai Kudus mengadakan P2KP secara onlineuntuk meningkatkan kompetensi pegawai mengenai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). P2KP ini juga bertujuan membakar semangat para pegawai supaya mampu menerapkan SPIP dalam lingkungan kerja secara efektif dan efisien. Acara dibuka oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Indra Isnugrahadi, sedangkan materi disampaikan oleh Ilham Rukhidin, Pelaksana pada Seksi Kepatuhan Internal.

Dalam paparannya, Ilham menjelaskan dengan sistematis dasar hukum, unsur, dan tujuan dari SPIP. Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 2008, unsur SPIP meliputi Lingkungan Pengendalian, Penilaian Risiko, Kegiatan Pengendalian, Informasi dan Komunikasi, serta Pemantauan.

DJBC menindaklanjuti PP tersebut dengan menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor KEP-536/BC/2019 tentang Pelaksanaan Pemantauan Pengendalian Intern (PPI) di Lingkungan DJBC. Dengan adanya KEP tersebut, Unit Kepatuhan Internal diharapkan dapat mencapai tujuan dari penerapan PPI, yaitu untuk membantu pimpinan unit kerja, memastikan pengendalian dijalankan sesuai SOP dan ketentuan perundang-undangan, serta memastikan rancangan peraturan/ SOP telah efektif dalam mengatasi risiko-risiko di lapangan.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai Bea Cukai Kudus ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan akan SPIP serta meningkatkan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

#beacukaimakinbaik

#beacukaikudus

#SPIP

#PengendalianInternal