Bea Cukai Kudus Jembatani Pengguna Jasa beri Masukan pada Aplikasi ExSIS

395
KUDUS (03/12) – Pada hari Senin (30/11) kemarin, Bea Cukai Kudus mengadakan Forum Group Discussion (FGD) ExSIS bersama dengan pengguna jasa hasil tembakau dan perwakilan dari Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai dan Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai melalui aplikasi Zoom Meeting. Kepala Sub Direktorat Perizinan dan Fasilitas Cukai Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Rudy Hery Kurniawan juga turut hadir dan mengikuti kegiatan FGD ini.
Metodius Supriyanto, selaku Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas I Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai, mengungkapkan rencana perubahan pada aplikasi ExSIS mendatang. Beliau mengatakan bahwa update aplikasi ExSIS akan segera dilaksanakan seiring dengan perkembangan aplikasi lain yang direncanakan akan terus berlangaung sampai 2024. Perubahan ini termasuk dengan menu pembuatan kode billing yang akan terdapat di aplikasi ExSIS. Menu inilah yang dinantikan oleh pengguna jasa, karena selama ini mereka tidak bisa membuat billing secara mandiri. Hal ini terus diupayakan senantiasa demi pelayanan yang makin baik.

Selain itu, Didit Rudy Setyawan selaku Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi I Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai yang turut serta dalam FGD ini sebagai perwakilan dari Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai, juga menjelaskan bahwa pengembangan aplikasi ExSIS akan terus dilakukan. Selain itu, saat ini Bea Cukai juga sedang mengupayakan adanya integrasi antara database di perusahaan dengan aplikasi Bea Cukai sehingga perusahaan tidak perlu input ke dalam aplikasi lagi karena data sudah terintegrasi dengan database perusahaan.

Para pengusaha pun mengungkapkan terima kasihnya karena dengan kegiatan semacam ini penyampaian aspirasi mereka tepat sasaran dan dapat langsung diketahui oleh Kantor Pusat Bea dan Cukai.