Angin Segar Industri Rokok, Pemerintah Provinsi Jawa Timur Studi Tiru KIHT Kudus

580

Kudus (02/12) – Awali bulan Desember, Bea Cukai Kudus kembali dampingi kunjungan studi tiru Kawasan Industri Hasil Tembakau dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II, Pemerintah Kabupaten Malang, Bea Cukai Malang, dan Bea Cukai Blitar. Kunjungan studi tiru dimulai pada hari Senin (30/11) dengan disambut oleh Pemerintah Kabupaten Kudus di Gedung Command Center, Kantor Bupati.

Keesokan harinya pada Selasa (01/12), rombongan melakukan kunjungan studi tiru ke Kawasan Industri Hasil Tembakau Kudus. Di KIHT, rombongan disambut oleh tim Dinas Tenaga Kerja, Industri, Koperasi, dan UKM yang dipimpin oleh Marti S.E., M.M. selaku Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Industri, Koperasi, dan UKM. Kunjungan dimulai dengan melihat proses produksi rokok jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT) di PR. Rajan Nabadi. Usai melihat proses pembuatan rokok SKT, rombongan diajak menuju Koperasi Sigaret Langgeng Sejahtera selaku pengelola KIHT Kudus sekaligus pemilik mesin produksi rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM). Pada kesempatan tersebut rombongan berkesempatan untuk menyaksikan proses produksi rokok SKM milik PR. Bethoro Guru.

Selanjutnya rombongan diajak menuju Laboratorium Pengujian Tar dan Nikotin KIHT Kudus. Selain bisa melihat alat penguji yang digunakan, rombongan juga berkesempatan untuk berdiskusi secara langsung dengan petugas laboratorium. Menutup kunjungan tersebut, tim Dinas Tenaga Kerja, Industri, Koperasi, dan UKM mengajak rombongan untuk berdiskusi bersama di Aula KIHT Kudus.

Dengan kunjungan ini, diharapakan KIHT di wilayah Jawa Timur dapat segera terbentuk sehingga potensi industri kecil hasil tembakau di Jawa Timur mampu bersaing dengan industri hasil tembakau didaerah lain. Selain itu, berkembangnya KIHT ini tentu saja akan berdampak secara tidak langsung dalam menekan angka peredaran rokok ilegal.