Sosialisasi Pemberantasan BKC Ilegal, Bentuk Sinergi antara Bea Cukai dan Satpol PP

488
PATI (19/11) – Bertempat di Hotel Safin, Pati, Satpol PP Provinsi Jawa Tengah mengadakan Sosialisasi Pemberantasan Barang Kena Cukai (BKC) Ilegal pada tanggal 18-19 November kemarin. Acara yang mengusung tema Sinergitas Informasi Peredaran Barang kena Cukai Ilegal di Eks Karesidenan Pati ini turut mengundang Bea Cukai untuk memaparkan kinerja pengawasan yang telah dilakukan oleh Bea Cukai khususnya di wilayah eks Karesidenan Pati.
Diawali dengan laporan Ketua Panitia yaitu Eko Maryanto selaku Kepala Seksi Penindakan Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, acara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Penegahan Produk Hukum Daerah Satpol PP Provinsi Jawa Tengah yakni Tubayana A.P., M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pemberantasan BKC Ilegal bukan semata-mata hanya tugas Bea Cukai, namun Satpol PP juga berwenang dan berkewajiban turut serta dalam pemberantasan BKC ilegal yang beredar di masyarakat.
Acara yang diikuti oleh anggota Satpol PP se-eks Karesidenan Pati ini, juga dihadiri perwakilan dari Bappeda dan Biro Perekonomian. Karena selain membahas tentang pengawasan dan pemberantasan BKC Ilegal, sosialisasi kali ini juga mengulas tentang pengalokasian dan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) pada masing-masing daerah. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan DBHCHT pada masing-masing daerah.
Kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan sinergi antara Bea Cukai, Satpol PP, dan instansi lain yang terkait dengan pemberantasan BKC Ilegal untuk mencapai visi dan misi bersama dalam upaya mensejahterakan masyarakat.