Sosialisasi Keliling, Edukasi Masyarat Jepara Ciri-Ciri Rokok Ilegal

378

Jepara (19/11) – Pada hari Kamis tanggal 19 November 2020, telah dilaksanakan sosialisasi keliling oleh petugas Bea Cukai Kudus yang bertempat di Kecamatan Jepara dan Pakis Aji, Jepara. Sosialisasi kali ini kembali mengusung tema “Gempur Rokok Ilegal” yang menyasar kepada para pedagang kecil yang menjual rokok di kawasan tersebut. Pada sosialisasi kali ini, Sidiq Gandi Baskoro, selaku Tim Humas Bea Cukai Kudus ikut turun ke lapangan untuk mengedukasi para pedagang tentang apa itu rokok ilegal dan ciri-ciri rokok ilegal.

Tim Intelijen dan Penindakan (Inteldak) melakukan penyisiran pada toko-toko yang menjaul rokok untuk mencari apakah terdapat rokok ielgal yang diperdagangkan kepada masyarakat. Selanjutnya, tim Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) melakukan sosialisasi terkait rokok ilegal kepada para pemilik toko. Sosialisasi yang dialkukan mulai dari ciri-ciri rokok ilegal, dampak negatif rokok ilegal, sampai dengan denda/sanksi apabila kedapatan menjual rokok ilegal.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi pedagang dan masyarakat terkait rokok ilegal serta menjalankan tugas dan fungsi dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di bidang pengawasan.

Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakt semakin sadar dan mengerti tentang apa itu rokok ilegal dan turut serta membantu dalam memberantas peredaran rokok ilegal. Para pedagang mengaku senang dengan kegiatan seperti ini, karena mereka menjadi lebih tahu da paham tentang apa itu rokok ilegal.