Direktur KI Menyapa Bea Cukai Kudus

250
KUDUS (16/11) – Direktur Kepatuhan Internal DJBC, Agus Hermawan, berkunjung ke Kantor Bea Cukai Kudus pada Senin (16/11) kemarin. Dalam kunjungannya, beliau menyampaikan beberapa pesan untuk seluruh pegawai khususnya di lingkungan Kantor Bea Cukai Kudus, salah satu fokus utama kunjungannya kali ini terkait bagaimana persepsi pegawai terhadap anggota KI.

Kepatuhan Internal merupakan salah satu unit yang memiliki fungsi pengawasan dan pengendalian terhadap penegakan kedisiplinan para pegawai pada suatu satker. Seringkali, unit kepatuhan internal atau biasa disebut UKI ini mendapatkan salah persepsi sehingga ditakuti oleh para pegawai unit lain. Karena ketika seorang pegawai melakukan kesalahan, pihak yang berwenang untuk mengenakan sanksi dan/atau sanksi lainnya sesuai peraturan yang berlaku adalah UKI.
Salah satu tujuan berkunjungnya Direktur KI ke kantor Bea Cukai Kudus yakni untuk menegaskan bahwa persepsi tersebut di kacamata para pegawai adalah salah. Karena menurut Agus, yang seharusnya bertindak sebagai penegak disiplin para pegawai adalah atasan langsung dari para pegawai tersebut. UKI hanya membantu pimpinan untuk memantau para atasan langsung tersebut apakah mereka telah melakukan penegakan disiplin para pegawainya atau belum, sehingga diharapkan para atasan langsung memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap para pegawainya.

Agus menekankan, bahwa adanya UKI di suatu satker yakni sebagai media yang membantu para pegawai agar selalu bekerja sesuai aturan yang berlaku dan tidak menyimpang dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai aparat pemerintahan.