Asistensi Pengusaha Rokok, Bea Cukai Kudus Adakan Klinik Cukai

329
KUDUS (11/11) – Sebagai tindak lanjut atas monitoring efektivitas kepatuhan pengusaha barang kena cukai, Bea Cukai Kudus melakukan Klinik Cukai yang dilaksanakan pada hari Senin (9/11) sampai dengan Selasa (10/11) kemarin. Kegiatan ini sebagai sarana asistensi dan pendampingan kepada Mitra Kerja Bea Cukai Kudus yang mengalami kendala dan kesulitan dalam menjalankan proses bisnisnya.
Klinik Cukai kali ini, Bea Cukai Kudus mengunjungi beberapa pengusaha rokok di Kudus dan Jepara. Asistensi yang diberikan terkait dengan adanya ketidaksesuaian proses bisnis mereka dengan ketentuan yang berlaku. Seperti papan nama pabrik yang masih menggunakan NPPBKC dengan format yang lama. Seperti yang diketahui, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 66/PMK.04/2018 tanggal 29 Juni 2018 tentang Tata Cara Pemberian, Pembekuan, dan Pencabutan NPPBKC, terdapat perubahan format NPPBKC. Namun masih ada pengusaha yang menggunakan papan nama yang mencantumkan NPPBKC dengan format yang lama. Untuk itu Bea Cukai Kudus memberi pendampingan supaya pengusaha tersebut dapat segera mengganti papan nama tersebut sesuai dengan NPPBKC yang baru.
Selain itu, Bea Cukai Kudus juga melakukan pendampingan terhadap keluhan dan kendala yang dialami oleh para pengusaha. Baik dari sistem, pembayaran, maupun pelayanan Bea Cukai Kudus yang dinilai masih kurang memuaskan dan menjadi kendala para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Tentu, Bea Cukai Kudus akan menindaklanjuti kendala dan keluhan yang disampaikan agar tercipta pelayanan yang baik kepada Mitra Kerja Bea Cukai Kudus.
Diharapkan kegiatan ini, berbagai kendala dan ketidaksesuaian yang terjadi dan dialami oleh mitra kerja Bea Cukai Kudus dapat segera ditangani dan ditindaklanjuti serta diberi solusi sehingga kegiatan bisnis mereka juga dapat berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini sejalan dengan Moto Bea Cukai Kudus yakni; melayani sepenuh hati; membina dengan empati; dan menindak tanpa kompromi.