Bea Cukai Kudus Berikan Edukasi Cukai kepada Pelajar di SMAN 1 Pati

342
Kudus (5/11) – Mewakili Kanwil DJBC Jateng & DI Yogyakarta, Bea Cukai Kudus hadir sebagai salah satu narasumber pada acara Edukasi Cukai dan Perlindungan Konsumen bagi Pelajar di Lingkungan Wilayah Industri Hasil Tembakau (IHT) yang diselenggarakan Dinas Perindag Provinsi Jawa Tengah pada Kamis, 5 November 2020. Kegiatan yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Pati ini dilaksanakan secara tatap muka dan daring yang diikuti oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Pati.
Kaslan, Kepala SMA Negeri 1 Pati, menyampaikan bahwa perlindungan konsumen sangat diperlukan untuk menciptakan rasa aman bagi para konsumen dalam melengkapi kebutuhan hidup. Selanjutnya, Rekso Suhartono, Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pati, memaparkan materi Metrologi Legal, diantaranya tentang metode pengukuran, takaran, dan timbangan yang benar agar konsumen tidak dirugikan. Dwi Prasetyo Rini, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus, memberikan edukasi tentang cukai diantaranya mengenai jenis barang kena cukai, tujuan pengenaan cukai, dan ciri-ciri #rokokilegal. Tidak hanya itu, Rini juga mengimbau peserta untuk waspada terhadap maraknya penipuan online shop yang mengatasnamakan bea cukai. Salah satu ciri penipuannya adalah meminta pembeli untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening atas nama pribadi. Padahal segala pungutan resmi bea cukai ditransfernya ke rekening kas negara, bukan ke rekening pribadi.
Siswa-siswi peserta kegiatan terlihat sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan. Melalui kegiatan edukasi ini, para peserta diharapkan memahami pentingnya hak, kewajiban, dan perlindungan konsumen, serta turut berpartisipasi untuk memberantas rokok ilegal dengan cara melaporkannya ke Kantor Bea Cukai melalui nomor WhatsApp Bea Cukai Kudus 0857-4297-6111.