Bea Cukai Sintete Sambangi Bea Cukai Kudus, Ada Apa?

606

KUDUS (9/10) – Bea Cukai Kudus kedatangan tamu dari Bea Cukai Sintete dalam rangka studi banding mengenai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) yang sudah berjalan di wilayah pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Kudus. Bagi yang belum tahu, Bea Cukai Sintete berada di bawah Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Barat.

Bea Cukai Sintete diwakili oleh Emil Harun dan Muhammad Hanif Adnan Habib. Didit Ghofar selaku Kasubsi Penyuluhan Seksi PLI Bea Cukai Kudus, menjelaskan mengenai penerapan pemanfaatan DBHCHT di wilayah kerja Bea Cukai Kudus yang mencakup Kabupaten Kudus, Pati, Jepara, Rembang dan Blora. Selain itu dijelaskan pula mengenai sistem penilaian Bea Cukai sesuai peraturan yang berlaku mengenai pemanfaatan DBHCHT oleh masing-masing daerah.

Pada kesempatan tersebut juga rekan dari Bea Cukai Sintete berkunjung ke KIHT Kabupaten Kudus. Lebih lanjut, disana diperlihatkan bagaiman proses produksi di KIHT. Adi Sumarno, selaku Ketua Koperasi Jasa Langgeng Sejahtera, menjelaskan bagaiman tata cara pendirian dan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pendirian KIHT. Adi juga berharap makin banyak KIHT yang dapat didirikan, mengingat bahwa dengan adanya KIHT dapat mempermudah proses produksi Perusahaan Rokok khususnya dalam produksi rokok jenis SKM.