Desa Margorejo Pahami Peraturan dan Ketentuan di Bidang Cukai

601

Kudus (18/09) – Setelah Desa Gondang Manis, Sekretariat Daerah (Setda) Kudus menyelenggaarakan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Cukai Tahun 2020 di Desa Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus pada hari Kamis (17/9) kemarin.

Bertempat di Aula Balai Desa Margorejo, dalam sosialisasi tersebut juga dihadiri narasumber dari beberapa instansi yang mempunyai peranan penting dalam penegakan aturan Cukai yaitu Bagian Hukum (Bakum) Setda Kudus, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kudus, Pengadilan Negeri (PN) Kudus, Bea Cukai Kudus, dan Kepolisian Resor (Polres) Kudus.

Sosialisasi diawali sambutan oleh Bambang S. selaku oleh Sekretaris Desa Margorejo, dan kemudian pemaparan materi oleh masing-masing narasumber. Hermawan, S.H., selaku Kabakum Kudus, Prabowo Aji Sasmito selaku Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Kudus, Galih Bawono,S.H.,M.H. selaku Hakin Pengadilan Negeri Kudus, Sidiq Gandi Baskoro selaku Kepala Subseksi Layanan Informasi Bea Cukai Kudus, dan Ipda Jajang Wiwoko yang mewakili Polres Kudus.

Sidiq Gandi Baskoro, dalam pemaparannya, menjelaskan bahwa Cukai merupakan upaya Pemerintah untuk membatasi peredaran Barang Kena Cukai seperti Etil Alkohol, Minuman Mengandung Etil Alkohol, dan Hasil Tembakau.”Dengan mengenakan cukai terhadap barang-barang kena cukai maka orang akan berpikir dua kali membeli barang-barang tersebut”, ungkap Sidiq.

Sosialisasi ini merupakan wujud nyata Sinergi antar Instansi khususnya Pemerintah Daerah dan Bea Cukai Kudus. Sosialisasi ini juga diharapkan menambah pengetahuan masyarakat terhadap ketentuan di Bidang Cukai.