Bea Cukai Kudus Kenalkan Pita Cukai 2020 kepada Satpol PP Jepara

455
Kudus (26/08) – Bea Cukai Kudus kembali menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi Identifikasi Pita Cukai Tahun 2020. Sosialisasi ini diselenggarakan pada Selasa, 25 Agustus 2020 bertempat di Aula Bea Cukai Kudus. Acara sosialisasi ini dihadiri oleh Satpol PP Jepara.
Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo dan sambutan dari Anwar Sadad selaku Kabid Penegakan Perda. Kemudian dilanjutkan dengan materi Desain Pita Cukai tahun 2020 yang dibawakan oleh Indra Gunawan selaku Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan. Pada sosialisasi ini diterangkan berbagai jenis pita cukai 2020 dan cara mengindentifikasinya. Identifikasi pita cukai dapat dilakukan dengan kasat mata, menggunakan lup atau kaca pembesar, dan menggunakan sinar ultra violet (UV). Indra menerangkan pita cukai merupakan alat pengawasan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terhadap barang kena cukai dan juga sebagai bukti pelunasan cukai, sehingga kemampuan untuk mengidentifikasi pita cukai sangatlah penting. Sembari diberi penjelasan, seluruh peserta sosialisasi juga diberi kesempatan untuk mempraktikkan cara mengidentifikasi keaslian pita cukai secara kasat mata dan menggunakan sinar UV serta kaca pembesar. Diakhir sosialisasi diberikan pula kesempatan kepada para peserta untuk bertanya perihal Pita Cukai yang belum dipahami.
Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman bagi para petugas Satpol PP mengenai pita cukai sehingga dapat membantu pelaksanaan tugas di lapangan dalam memberantas peredaran rokok ilegal.