Transaksi Rokok Ilegal Online Digagalkan Bea Cukai Kudus

826
Kudus (11/08) – Bea Cukai Kudus berhasil menindak penjualan rokok ilegal melalui e-commerce atau perdagangan elektronik. Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo mengatakan Tim Unit Penindakan Cukai (UPC) #BeaCukaiKudus telah melakukan analisis e-commerce dan memantau salah satu pemilik akun yang menjual rokok ilegal tersebut. Berdasarkan informasi, penjual yang bertempat tinggal di wilayah Jepara tersebut akan melakukan pengiriman rokok ilegal menggunakan mobil sedan.

“Rokok ilegal merugikan negara dan pengusaha yang telah taat dengan ketentuan. Penindakan yang kami lakukan ini untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal,” ungkap Gatot.
Berbekal informasi yang diperoleh, Tim UPC melakukan penyisiran di sekitar Jepara pada Senin (10/08). Sekitar pukul 12.00 WIB, tim berhasil menemukan titik lokasi mobil dengan ciri-ciri sebagaimana informasi sedang melaju di Jalan Raya Jepara-Kudus. Tim segera melakukan pengejaran dan penegahan terhadap sarana pengangkut tersebut. Pemeriksaan awal menunjukkan mobil tersebut memuat rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai.

Tim mengamankan sopir dan penumpang mobil berinisial MM (26 tahun) dan AF (29 tahun) untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mobil dan seluruh barang bukti berupa 28.000 batang rokok ilegal jenis SKM merek SMD turut diamankan. Diperkirakan seluruh rokok ilegal tersebut bernilai Rp 28.560.000,00. Melalui penindakan ini, Bea Cukai Kudus berhasil menyelamatkan Negara dari potensi kerugian sebesar Rp 16.612.960,00.
Penindakan ini menunjukkan ketegasan Bea Cukai Kudus dan #UpayaNyata #JagaIndonesiaKita dalam menggempur peredaran rokok ilegal. Tidak ada celah bagi para pelaku peredaran rokok ilegal karena rokok ilegal sangat merugikan baik untuk penerimaan Negara maupun kesehatan. Hari gini mainannya rokok ilegal? Apa kata dunia? Ya nggak, Sobat BCKu?